Seputar Bugis

Berawal dari "Laubbi" Mata SilompoE


681 tahun perjalanan tanah Bone tepatnya 6 April 2011. Dasar penetapan kurun waktu ini bermula dari munculnya Tomanurung di matajang yang digelar MATASILOMPOE sekitar tahun 1330 Masehi. Dari informasi lontara Bone, menyebutkan Tomanurung ini muncul setelah terjadi kekosongan pemerintahan. Kaum- kaum yang ada saling berebut pengaruh, kelompok yang kuat menjajah yang lemah. Dalam analogi lontara disebut dengan istilah sianrebalei taue.

Dalam situasi yang demikian ini, oleh Patotoe menurunkan keturunannya di bumi yang kemudian dikenal dengan Tomanurung (Orang yang turun dari kayangan). Dalam merangkai perjalanannya Bone kemudian muncul sebagai salah satu kerajaan bugis yang cukup disegani . Terlebih ketika dipimpin oleh raja kharismatik Arung Palakka Petta MalampeE Gemme'na. Selain mampu melepaskan sistem perbudakan yang berlaku pada saat itu, Arung Palakka juga berhasil menormalisasikan tali persaudaraan orang-orang Bugis, Makassar melalui sistem perkawinan, setelah perjuangan yang tidak terelakkan dengan Gowa.

Gerakan kemanusiaan yang ditempuh tersebut diakui oleh sejumlah kalangan termasuk sejarawan dan budayawan antara lain, Dr.Mukhlis Paeni dan Prof.Mattulada. Kedua pakar ini menggelarinya sebagai Pahlawan Kemanusiaan. Dan kini setelah 671 tahun patriotisme, heroisme yang berpangkal pada Siri' napesse, kembali digugat. Tanda-tanda kerusakan masyarakat semakin menguat. Perilaku Temmasiri berbuat kezaliman menjadi hal biasa-biasa saja. Padahal dulu hal itu sangat ditentang oleh Arung Palakka. Perang kelompok menyeruak, kesewenang-wenangan bukan lagi hal baru dan pilar moralitas dan etika menjadi barang langka. Apakah kita ingin kembali ke abad 13?

2 komentar:

D'Maritengah mengatakan...

Menulis kisah masaluluh suatu daerah, itu bagus untuk pengenalan generasi ysekarang dan yang akan datang, namun dalam tulisan suadara tersebut ada kata "oleh Patotoe'menurunkan keturunannya". Mungkin yang dimaksud disitu "Oleh Patoto'E menurunkan hambahnya" (Bukan keturunannya)

Terima kasih

PAK.SABARUDDIN DI PADANG mengatakan...

Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan KLIK DISINI dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

Posting Komentar