Seputar Bugis

Riwayat Raja Bone ke-10 : We Tenri Patuppu Maddusila


We Tenri Patuppu menggantikan ayahnya menjadi Arumpone. Inilah Mangkau’ yang mula-mula mengangkat Arung Pitu (tujuh pemegang adat) di Bone, yaitu Matowa Tibojong (Arung Tibojong), Matowa Ta’ (Arung Ta’), Matowa Tanete (Arung Tanete), Tanete dipecah menjadi Tanete Riattang dan Tanete Riawang, Matowa Macege (Arung Macege), Matowa Ujung (Arung Ujung) dan Matowa Ponceng (Arung Ponceng). Kepada Arung PituE, Arumpone berpesan, ”Saya mengangkat Arung Pitu untuk membantu penyelenggaraan pemerintahan Bone. Hal ini saya lakukan karena sebagai seorang perempuan tentunya memerlukan bantuan. Namun saya mengangkatmu menjadi pemegang adat, tetapi kalian tetap tidak bisa melangkahi adat Bone, tidak bisa menyatakan perang, tidak bisa mewariskan kepada anak cucu, kalau saya tidak mengetahuinya. Kecuali apabila duduk semua turunan MappajungE kemudian direstui oleh Mangkaue’. (Kasim, 2002)

Pada masa kekuasaan Raja Bone X, We Tenri Patuppu (1602 – 1611), KaraengE ri Gowa datang ke Ajattappareng membawa Agama Islam. Sepakatlah TellumpoccoE (Bone, Soppeng dan Wajo) untuk menghalangi, sehingga KaraengE ri Gowa kembali. Setahun kemudian Gowa datang lagi ke Padangpadang, namun tetap dihalangi TellumpoccoE. Akhirnya terjadilah perang di sebelah timur Bulu’ Sitoppo dengan kekalahan TellumpoccoE. (Makkulau, 2009).

Gowa melanjutkan penyebaran Agama Islam, Soppeng dengan mudah dikalahkan tanpa bantuan Bone dan Wajo Datu Soppeng, BeowE dan rakyatnya menerima Islam (1609), setelah itu Wajo pun ditaklukkan. Arung Matowa Wajo La Sangkuru dan rakyatnya juga menerima Islam (1610). Sementara itu, We Tenri Patuppu pergi ke Sidenreng untuk mencari tahu tentang Islam dari Addatuang Sidenreng La Patiroi dan disanalah Arumpone masuk Islam. Di Sidenrenglah beliau sakit yang menyebabkan meninggal dunia hingga digelari MatinroE ri Sidenreng (1611). (Kasim, 2002 dalam Makkulau, 2009).

Dalam Lontaraq Akkarungeng ri Bone disebutkan bahwa We Tenri Patuppu kawin dengan La Paddippung Arung Barebbo, hingga lahirlah anaknya La Pasoro, inilah yang kawin dengan We Tasi, lahirlah La Toge MatinroE ri KabuttuE. La Toge kawin dengan We Passao Ribulu, lahirlah We Kalepu yang kawin dengan Daeng Manessa Arung Kading. Setelah We Tenri Patuppu bercerai dari Arung Barebbo, maka kawin lagi dengan To LewoE Arung Sijelling, anak Arung Mampu Riawa. Dari perkawinannya lahirlah anaknya La Maddussila, We Tenri Tana, We Palettei, La Palowe. La Maddussila Arung Mampu juga digelar MammesampatuE (memakai nisan batu). Pergi ke Soppeng dan kawin dengan We Tenri Gella, saudara Datu Soppeng BeowE. Dari perkawinan ini lahirlah La Tenri Bali yang kawin di Bone dengan sepupu satu kalinya We Bubungeng I Dasajo.

We Bubungeng dan La Tenri Bali melahirkan anak La Tenri Senge’ Toasa Datu Soppeng. Yang kedua bernama We Yadda MatinroE ri Madello juga Datu Soppeng. We Tenri Tana Arung Mampu Riawa kawin dengan LebbiE ri Kaju yang melahirkan We Tenri Sengngeng, yang kawin dengan La Poledatu Rijeppo saudara Datu Soppeng anak La Maddussila Arung Mampu MammesampatuE dengan isterinya We Tenri Gella. Inilah yang melahirkan La PatotongE, La PasalappoE, La Pariusi Daeng Mangatta. La Pariusi Daeng Mangatta inilah yang menggantikan Petta I Tenro menjadi Arung Mampu Riawa yang juga pernah menjadi Arung Matowa Wajo.

La PallempaE atau La Pasompereng Petta I Teko kawin dengan KaraengE ri Gowa. Dari perkawinannya lahirlah We Yama dan We Alima. We Alima kawin dengan KaraengE ri Gowa Tumenanga ri Pasi. Lahirlah I Baba Karaeng Tallo. La Pasompereng diasingkan oleh Kompeni sebab perselingkuhan isterinya dengan Sule DatuE di Soppeng yang bernama Daeng Mabbani. Dia membunuh Sule datuE di Soppeng maka diasingkanlah ke Selong. Anak terakhir dari We Tenri Patuppu MatinroE ri Sidenreng adalah ; We Palettei KanuwangE, kawin dengan pamannya La Tenri Pale To Akkeppeang MatinroE ri Tallo. Tidak ada keturunannya, sehingga MatinroE ri Tallo kawin lagi dengan anak Datu Ulaweng.

1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Posting Komentar